Panwaslu Sinjai Imbau Parpol/Caleg Patuhi PKPU 15/2013

Kamis, 10 Oktober 2013

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sinjai mengimbau pengurus partai politik dan para calon legislatif agar mematuhi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 15 tahun 2013 tentang pemasangan alat peraga.

Ketua Panwaslu Sinjai, Andi Rusmin mengatakan, pihaknya sejauh ini masih melihat pemasangan alat peraga kampanye dipasang pada sembarang tempat.

"Kita masih mendapati alat peraga di tempat-tempat yang bukan diperuntukan untuk pemasangan alat peraga, seperti di tiang-tiang listrik, pohon dan tempat umum," imbuhnya.

Dia mengatakan, pemerintah daerah bersama  KPU telah menetapkan zona dan titik pemasangan alat peraga kampanye pada setiap desa/kelurahan. Hal itu harus menjadi pedoman.

"Kita sudah tetapkan lapangan sebagai zona atau titik untuk memasang alat peraga dan semoga semua parpol maupun caleg mematuhi aturan tersebut," kata Rusmin di hadapan seluruh pengurus parpol pada acara sosialisasi PKPU nomor 15 tahun 2013 di Aula Pertemuan Warung Nikmat Sinjai, Rabu (9/10).

Dia menyebutkan, ketentuan ini akan diberlakukan ketika ketetapan pemerintah daerah  terkait zona kpemasangan alat peraga kampanye terbit.

Namun dia menghimbau, sebaiknya saat ini parpol dan caleg mulai mencopot alat peraga yang terlanjur terpasang di tempat yang bukan diperuntukan.

Menurut dia, saat ini panwas telah menemukan 5.712 baliho/spanduk yang terpasang menyalahi aturan. "Karena ini baru disosialisasikan aturannya, jadi kita belum menertibkan baliho," katanya.

Rusmin menjelaskan, jika ketetapan dari pemkab sudah keluar, maka KPU akan menyurati parpol maupun caleg agar mencopot alat peraga yang masih terpasang di luar zona yang ditentukan.

"Setelah disurati nanti, jika tidak ada respon positif dari pihak yang memasang alat peraga kampanye, maka kita akan menertibkan dengan menggandeng satpoll PP Sinjai," tegasnya. (Haeran) 
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .