Sinjai Kembali Raih Piala WTN

Senin, 07 Oktober 2013

Kabupaten Sinjai kembali meraih piala Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk ketiga kalinya. Penghargaan ini diberikan untuk Sinjai dalam bidang perhubungan kategori tertib lalu lintas untuk kategori angkutan kota kecil.
   
Piala WTN tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan, EE Mangindaan, kepada Asisten tata Praja Setdakab Sinjai, Andi Halilintar Badong dan didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Sinjai, Firdaus dan Kasat Lantas Polres Sinjai, AKP Akbar Usman, di Hotel Shangrilla Surabaya, Kamis (3/10).

Kepala Dishub Sinjai, Firdaus mengatakan Keberhasilan ini diperoleh berkat kerja keras yang telah dilakukan Dishub Sinjai dengan Satlantas Polres Sinjai, stakeholder serta dukungan penuh seluruh warga Sinjai. Keberhasilan ini tentunya akan memotivasi semua untuk lebih meningkatkan kedisplinan berlalulintas di jalan raya.

“Ini kita raih karena pemerintah pusat telah melihat bagaimana komitmen dan keseriusan kita dalam menangani masalah perlalulintasan. Untuk itu prestasi ini harus kita pertahankan dan tingkatkan lagi sehingga Sinjai kembali mendapatkan Piala WTN dengan kategori yang lebih membanggakan lagi,” harapnya.

Ia menambahkan, terdapat 14 item penilaian WTN yang dilakukan langsung tim gabungan dari Kementerian Perhubungan. Antara lain manajemen transportasi, kondisi jalan, rambu-rambu lalu-lintas, anggaran transportasi hingga integritas sumber daya manusia. Penilaian dilakukan dengan melakukan pengamatan, pemotretan serta peninjauan di beberapa titik jalan.
   
Kemudian, penilaian dibagi menjadi tiga tahap yakni administrasi, praktik pengelolaan lalu-lintas di lapangan, kebijakan lalu-lintas dan penilaian tahapan administrasi. Sementara penilaian tahapan lainnya dilakukan langsung oleh tim penilai WTN.

Menurut Firdaus, tahapan penilaian dimulai dari tahap seleksi administrasi, seperti jumlah personil, anggaran yang tersedia, dan transportasi yang memadai.
     
Sementara itu, Kasatlantas Polres Sinjai, AKP Akbar Usman menjelaskan, selama ini pihaknya selalu gencar sosialisasi dan giat kampanye pelopor tertib berlalu lintas. Pihaknya juga melakukan inovasi dengan bekerjasama instansi terkait yang ada di Kabupaten Sinjai.
   
Selain itu rekayasa lalu-lintas untuk mendukung  terciptanya keselamatan dan kenyaman berlalu-lintas baik pada pejalan kaki maupun pengendara, juga menjadi perhatiannya.

"Piala ini diharapkan dapat menjadi motivasi dalam ketertiban berlalu lintas di dalam Kota Sinjai dan kedepan dapat meningkatkan lagi prestasi ini dengan baik. Penghargaan tersebut diperoleh berkat kerja keras aparat pemerintah, para pelaku usaha angkutan umum serta elemen masyarakat," ucapnya. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .