Diskominfibudpar Sinjai - Sosialisasi Perda Tentang Pajak Hotel dan Restoran

Kamis, 14 November 2013

Foto: Sosialisasi Peraturan perundang-undangan & kebijakan Pemerintah, perda no 12 & 13 thn 2010 tentang pajak hotel & restoran di hotel sinjai,14/11/2013Puluhan pengusaha jasa hotel, restoran dan sejenisnya serta perwakilan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di sinjai mengikuti sosialisasi peraturan daerah (Perda) Nomor 12 dan 13 tahun 2010 tentang Pajak Hotel dan Restoran, Kamis (14/11) di Hotel Sinjai.

Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan (Diskominfobudpar) Kabupaten Sinjai dengan maksud untuk memberikan pemahaman dan pengertian bagi mereka tentang pentingnya pajak bagi pembangunan daerah.

Selain itu agar masyarakat khususnya para pelaku kepariwisataan dalam hal ini  pengusaha hotel, restoran dan sejenisnya dapat memahami dan berperan aktif dalam proses pelaksanaan pembangunan dibidang kepariwisataan.

"Selaku pemerintah daerah, sangat berkewajiban mengsosialisasikan isi perda tersebut sebagai bagian dari regulasi yang membahas pajak hotel dan restoran", Ungkap Plt. Kepala Diskominfobudpar Sinjai, Yassin Amin saat membuka sosialisasi tersebut.

Lebih lanjut bahwa pelaku ekonomi seperti pengusaha hotel, restoran dan sejenisnya selama ini telah memberikan kontribusi yang sangat besar kepada perkembangan kabupaten sinjai dan kesejahteraan masyarakat pada khususnya. "Pelayanan yang baik terhadap pelaku ekonomi akan memberikan dampak yang positif bagi pelanggang kita baik dari dalam maupun dari luar sinjai", Tambahnya.

Kemudian dalam pelaksanaan otonomi daerah dituntut kemandirian pemerintah daerah untuk dapat melaksanakan pembangunan, karena itu pajak dan retribusi yang telah diserahkan menjadi urusan pemerintah daerah sebagai bagian dari kebijakan pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota harus dikelolah dan ditingkatkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah.

"Jadi hal ini mengingat pajak hotel dan restoran atau rumah makan merupakan pendapatan asli daerah dan menjadi sumber pendanaan bagi keberlangsungan pembangunan daerah dalam kerangka otonomi daerah", Sambung Yassin. (A.Yanti/Clk)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .