KPU Sinjai - DPT Pemilu Legislatif 2014, Sebanyak 175.108 Pemilih

Kamis, 14 November 2013


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2014 mendatang sebanyak 175.108 orang pemilih.

Jumlah DPT yang ditetapkan tersebut berkurang dari jumlah data pemilih pada saat Pilkada lalu sebanyak 182.321 orang. Artinya, KPU Sinjai telah mencoret sekitar 7.213 pemilih yang sudah tidak menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2014 nanti.

Anggota KPU Sinjai, Muh. Kasim mengatakan, dari 7.213 wajib pilih pemilih yang di coret tersebut mayoritas adalah karena merupakan pemilih ganda. Selain itu, pemilih yang meninggal dunia dan masih terdaftar, serta pindah domisili, juga termasuk yang sudah di coret.

“Data awal memang sebanyak itu, namun setelah dilakukan verifikasi akhirnya data tersebut berkurang karena ditemukannya data ganda dan bermasalah lainnya", Jelas Kasim, Devisi Perencanaan dan Logistik KPU Sinjai.

Meski sudah ditetapkan dalam DPT, namun KPU Sinjai masih mengakomodir adanya laporan warga yang memenuhi persyaratan untuk memberikan hak pilihnya, namun tidak masuk dalam DPT. Warga tersebut nantinya akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus.

“Kami himbau, warga yang memenuhi syarat menjadi pemilih Pemilu namun belum masuk dalam DPT, agar segera melapor dan nantinya akan di masukkan dalam Daftar Pemilih Khusus,” tuturnya.

Sementara itu Ketua KPU Sinjai, Arsal Arifin mengungkapkan, penetapan DPT ini dilakukan 13 september 2013, dan dimana penetapannnya juga dihadiri para perwakilan parpol, termasuk Pemkab Sinjai dan para PPK.

"Dari jumlah DPT sebanyak 175.108 pemilih, terdiri 90.468 pemilih perempuan dan 86.640 orang untuk pemilih laki-laki dengan jumlah TPS 550. Sedangkan kotak Suara yang akan kita gunakan sebanyak 2200", Katanya. (A.Yanti/Clk)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .