KPU Sinjai Rekrut 25 Relawan Demokrasi

Kamis, 07 November 2013

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai telah merekrut 25 relawan demokrasi. Relawan ini nantinya bertugas membantu mensosialisasikan informasi jadwal Pemilu, cara mencoblos, dan siapa saja calon yang harus dipilih kepada masyarakat.

Ketua KPU Sinjai, Muhammad Arsal Arifin, mengungkapkan program Relawan Demokrasi yang digagas oleh KPU melibatkan lima segmen pemilih strategis, yakni pemilih pemula, kelompok agama, kelompok perempuan, penyandang disabilitas dan kelompok pinggiran.

“Mereka akan menyampaikan informasi jadwal pemilu, cara mencoblos dan siapa saja calonnya. Untuk kelompok agama, kita harap mereka dapat masuk dan memberikan informasi Pemilu dalam acara keagamaan,” katanya.

Syarat relawan demokrasi adalah berusia minimal 17 tahun dan maksimal 25 tahun bagi yang akan mewakili kelompok pemula dan calon relawan juga bukan berasal dari partai politik tertentu. Mereka akan mulai bekerja pada bulaj januari tahun depan hingga pelaksanaan pemilu bulan april 2014.

Dia berharap kepada relawan yang telah terpilih, turun ke masyarakat untuk memberikan informasi tentang  pemilu sehingga tidak ada lagi warga wajib pilih yang tidak mengetahuinya.

“Kita akan berikan pembekalan kepada mereka. Selain jadwal tentang Pemilu, juga materi-materi tentang calon anggota DPD, DPR, DPRD siapa calon di jenjang tersebut,“ katanya.

Perekrutan ini,  dilaksanakan se-Indonesia untuk meningkatkan kualitas Pemilu, isinya antara lain menyampaikan informasi dan meningkatkan partisipasi pemilih. (aaNd)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .