Pembinaan dan Pengembangan Kelompok Media Tradisional Di Sinjai

Rabu, 13 November 2013

Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan (Diskominfobudpar) Kabupaten Sinjai melakukan kegiatan pembinaan dan pengembangan Kelompok Media Tradional, Selasa (12/11) di Aula Diskominfobudpar Sinjai.

Kegiatan yang hanya dilaksanakan selama sehari itu, diikuti kelompok media tradisional yang ada disekolah-sekolah termasuk sebagian sangar seni yang ada sinjai. 

Plt. Kepala Diskominfobudpar Sinjai, Yassin Amin yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, Pertunjukan rakyat (Pertunra) merupakan salah satu media yang relatif cukup ampuh dalam penyampaian pesan langsung kepada masyarakat, terutama dalam penyampaian program-program pemerintah.

"Pertunra yang berbasis kearifan lokal terasa lebih mengena dihati masyarakat, apalagi jika seni pertunra itu sendiri diramu sedemikian rupa sehingga memunculkan budaya yang memang melekat dalam keseharian dan kepribadian masyarakat kita", Tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, seni pertunra yang mengunakan kesenian rakyat sebagai media penyampaian informasi secara timbal balik sangatlah efektif dalam penyampaian pesan dan sangat komunikatif, karena itu menurutnya peran fungsi media pertunra yang merupakan modal kekayaan budaya bangsa perlu terus dikembangkan dan ditingkatkan sejalan dengan upaya pengembangan media-media komunikasi lainnya.

"Bukan hanya pembinaan sebagai bentuk pengembangan kelompok seni media pertunra, kami selaku pemerintah daerah juga melaksanakan festival seni pertunra yang tiap tahun dilaksanakan dengan harapan munculnya generasi muda serta sangar-sangar seni yang dapat menjadi penyambung lidah pemerintah kepada masyarakat". Terangnya.

Kegiatan pembinaan ini menghadirkan pemateri, Budayawan, Drs. Muhannis. Adapun materinya diantaranya tehnik pembuatan naskah drama serta cara membawakan drama tersebut. (A.Yanti/Clk)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .