Pengelola Perpustakaan Harus Ciptakan Ide Kreatif

Rabu, 27 November 2013

Keberadaan perpustakaan di setiap sekolah dan desa mempunyai peran penting dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Untuk itu, Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (KPAD)) Kabupaten Sinjai menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan perpustakaan sekolah/desa dalam lingkup Pemkab Sinjai tahun 2013, bertempat di Ruang Pertemuan Rumah Makan Nikmat Sinjai, 27-28 November 2013.

Kegiatan ini, dibuka oleh Wakil Bupati Sinjai, Andi Fajar Yanwar dan diikuti sebanyak 100  peserta yang berasal dari seluruh pengelola perpustakaan sekolah/desa yang ada di Sinjai, Rabu (27/11).

Kepala Kantor PAD Sinjai, Drs.H.M. Yassin Amin dalam laporannya mengatakan, tujuan bimtek ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap profesional dalam penyelenggara pengelolaan perpustakaan.

"Harapan dari kegiatan ini yakni agar nantinya para pengelola perpustakaan memiliki pola pikir dan pengetahuan yang sama dalam mengelola perpustakaan sekolah maupun desa," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sinjai dalam sambutannya mengakui, perpustakaan merupakan salah satu fasilitas penting untuk menampung minat baca dan kehausan anak akan ilmu pengetahuan. Untuk itu kata dia, diperlukan pengelolaan yang baik, agar mendekatkan aksesnya kepada masyarakat.

"Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan bangsa adalah dengan tersedianya perpustakaan sebagai gudang ilmu, untuk itu perpustakaan dikelola secara efektif agar menumbuhkan minat baca masyarakat," jelas Andi Fajar Yanwar.

Ia menambahkan, agar perpustakaan berfungsi secara maksimal maka para pengelola perpustakaan diharuskan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dalam melahirkan ide-ide kreatif demi menumbuhkan minat dan budaya baca di kalangan pelajar serta seluruh komponen pendidikan pada umumnya.

Dalam Bimtek ini bertindak selaku narasumber yakni Sekertaris Daerah Sinjai, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Sulsel serta Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sinjai. (aaNd)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .