Pentingnya Akselerasi Kependudukan dan KB serta PIK-R

Rabu, 20 November 2013

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulsel bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan  Perempaun dan Keluarga Berencana (BPPKP) Kabupaten Sinjai melaksanakan kegiatan Bimbingan Terpadu Akselerasi (percepatan) Kependudukan dan KB serta Pelatihan Pembinaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) 20 -21 November 2013.

Acara dibuka secara langsung oleh Asisten Ekonomi Pembangunan, Dr. Nikmat B. Situru, di Aula Hotel Srikandi, Rabu (20/11). Menurutnya, kehadiran program kependudukan dan keluarga berencana ini perlu dijalankan secara  maksimal dalam kehidupan di tengah masyarakat, agar dapat menekan angka kelahiran hidup yang semakin tinggi di Kabupaten Sinjai

Data tahun 2011 jumlah penduduk di Kabupaten Sinjai sekira 231.182 jiwa, 19% diantaranya usia remaja, dimana usia yang masih labil dan masa pencarian jari diri yang selalu ingin mencoba hal - hal yang baru, terlebihdi era globalisasi dan arus informasi yang semakin cepat ini sehingga sangat memungkinkan remaja berprilaku tidak sehat.

Nara sumber dari  BKKBN provinsi Sulsel, Abdul Gaffar, mengatakan Program PIK-R mempunyai peran  untuk membantu memberikan informasi tentang dunia remaja, mulai dari masalah penyalahgunaan Napza, sampai ke permasalahan penyebaran Virus HIV/AIDS, bahkan tidak itu saja masalah Kesehatan Reproduksi pun di bahas tuntas serta konseling remaja.

"Kita bergerak dan membahas tentang dunia remaja, yaitu seputar permasalahan remaja diharapkan dapat memberikan informasi dan untuk menyadarkan, menjuruskan dan memahami perkembangan diri remaja" Ungkapnya.

Dalam kesempatan itu dirinya meminta peran serta bidan dan dokter untuk mempromosikan pemakaian metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP), yang terdiri atas implan, IUD, tubektomi, dan vasektomi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD A. Muhtar Mappatoba, dan Plt BPPKB, A. Bunga Mawar serta dari BKKBN Propinsi Sulsel berserta rombongan. Peserta bimbingan terdiri dari guru, kepala puskesmas, perawat serta bidan. (Lail)







 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .