Belum Ada Forum DAS di Sinjai

Selasa, 19 November 2013


Melihat kondisi beberapa DAS (Daerah Aliran Sungai) di Kabupaten Sinjai yang semakin memprihatinkan, banyak  yang mengalami penurunan kualitas, hal tersebut dapat diketahui dengan indikasi luasnya lahan kritis, semakin seringnya banjir, kekeringan, tanah longsor dan pencemaran air yang merugikan kehidupan masyarakat dan lingkungan. Sehingga sangat penting dibentuknya Forum DAS di Kabupaten Sinjai.

Hal ini terungkap dalam Sosialisasi Forum DAS  yang di selenggrakan oleh Forum DAS Sulsel bekerja sama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sinjai di Aula Hotel Srikandi, Selasa (19/11) yang dibuka oleh Asisten Tata Praja Setdakab Sinjai, A. Halilintar Badong.

Narasumber dalam sosialisasi tersebut dari  anggota Forum DAS Sulsel, Dr. Ir. Asikin Muchtar,  yang membahas tentang Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2012 tentang Pengelolaan DAS dan pengimplementasiannya.

Asikin mengatakan, untuk membantu dalam mendukung keterpaduan penyelenggaraan Pengelolaan DAS diperlukan forum koordinasi Pengelolaan DAS pada berbagai tingkat wilayah administrasi dan/atau daerah aliran sungai.

"Perlunya di bentuk Forum DAS  untuk menjembatani dan mengoptimalkan keterlibatan berbagai pihak dalam pengelolaan DAS secara terpadu. Siapapun, boleh ikut terlibat dalam forum, baik itu dari unsur pemerintah maupun non pemerintah". Ungkap Asikin.

Hadir pada kesempatan tersebut, diantaranya dari dinas PU, PDAM, Dinas Perikanan dan Kelautan, organisasi pemuda dan dinas terkait lainnya(Lail)

 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .