Stok Darah RSUD Sinjai Masih Aman

Selasa, 12 November 2013

Stok  darah di Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai (RSUD) masih  mencukupi  untuk kebutuhan pasien.

Penanggung jawab  bagian Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS)  Sinjai, Naima Amak,  Selasa (12/11)  mengatakan saat ini persediaan darah di rumah sakit masih cukup untuk pasien

Lebih jauh dia mengungkapkan "Beberapa  bulan ini September - Oktober terjadi peningkatan  kebutuhan darah terutama   pasien  penyakit animea aplastik yang rata - rata membutuhkan  4 kantong Packed Red Cell (PRC)  dan 4 kantong  Trombocyt Cell (TC) darah perharinya.

Menurutnya golongan darah yang paling sulit didapatkan adalah golongan darah AB,  namun pasien dengan golongan darah tersebut juga sangat kurang.  Untuk stok darah dirinya mengaku biasanya berasal dari kalangan RSUD sendiri dan dari pendonor tetap yang jumlahnya sekira 100 pendonor serta masyarakat lainnya.

Agar ketersediaan darah di rumah sakit selalu ada "Saya menghimbau kepada masyarakat untuk mendonorkan darahnya demi menyelamatkan nyawa manusia dan UTD RSUD buka setiap hari kerja pukul 08.00 - 16.00 untuk menerima donor, karena setetes darah anda sangat berarti bagi  jiwa mereka". Katanya. (Lail)

 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .