Aparatur Wajib Tingkatkan Pelayanan Publik

Jumat, 06 Desember 2013

Komisi Pemantau Legislatif (kopel) Sinjai menggelar Lokakarya dan Pelatihan Penyusunan Standar Partisipatif bertempat di Aula Hotel Rofina, Kamis (5/12), acara ini dibuka oleh Asisten Tata Praja Setdakab Sinjai Andi Halilintar Badong dan dihadiri oleh perwakilan tiap SKPD dan elemen tokoh masyarakat.

Panitia pelaksana, Haryanto mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dilatarbelakangi karena masih adanya kekurangan dan kelemahan pelayanan publik oleh aparatur pemerintah di Kabupaten Sinjai.

"Target kita adalah setelah mengikuti pelatihan ini para penyelenggara pelayanan di SKPD segera menyusun standar pelayanan yang memenuhi prinsip sederhana, konsisten, partisipatif, akuntabel, transparan, dan adil," imbuhnya.

Sementara itu, sambutan Bupati Sinjai yang disampaikan oleh Asisten Tata Praja Setdakab Sinjai, mengapresiasi kegiatan ini dan berharap peningkatan pelayanan di tiap instansi daerah dapat dimaksimalkan dengan menetapkan standar yang menjadi acuan pelayanan partisipatif bagi masyarakat.

Menurutnya, permasalahan pelayanan publik menjadi perhatian yang serius dalam rangka mewujudkan good governance, hal ini berkesinambungan dengan perda nomor 3 tahun 2013 dan sebagai tindak lanjut UU nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

"Kegiatan ini sangat urgent dilakukan apalagi sejalan dengan visi misi Bupati Sinjai yakni terdepan dalam pelayanan publik," katanya.

Partisipasi masyarakat dalam pengembangan pelayanan publik sangat penting bagi pelaksanaan program pemerintah, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Bentuk partisipasi tersebut berupa pengawasan standar pelayanan.

"Harapan kami setiap aparatur dapat mengimplementasikan standar pelayanan sehingga masyarakat dapat merasakan betul dan terpuaskan dengan pelayanan publik yang diterima," harap Halilintar.

Hadir sebagai pemateri dalam lokakarya ini adalah Kepala Bidang (Kabid) Pemantauan dan Evaluasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Aris Samson serta Wakil Direktur Yappika, Sri Indriyastutik. (aaNd)

 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .