Bupati Sinjai - Kepala Desa Harus Kreatif, Visioner dan Inovatif

Sabtu, 28 Desember 2013

Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya, melantik H. Ambo Sakka sebagai Kepala Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kamis (26/12) bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Tanssang.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sinjai nomor 793 tahun 2012 tanggal 24 Desember. Sebelumnya, Kepala Desa Pulau Harapan dijabat sementara oleh Abdul latif yang juga sebagai Camat Pulau Sembilan.

Usai melantik, Bupati mengatakan sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah daerah, tugas seorang kepala desa tidaklah mudah. Bahkan besarnya tuntutan masyarakat yang kadang tidak seimbang dengan sumberdaya membuat seorang kepala desa dituntut untuk menjadi kreatif, lebih visioner dan inovatif dalam bertugas.

"Wewenang kepala desa yang diikat dengan aturan, dimana aturan inilah yang harus dipahami oleh seorang kepala desa agar mampu menjalankan tugas dengan baik dan terhindar dari persoalan hukum", jelasnya saat menyampaikan sambutanya.

Selain itu, bupati juga menekankan agar semua program pembangunan yang berasal dari pemerintah dapat dilaksanakan dengan baik dan tetap berada pada aturan hukum yang ada. "Sebagai pemimpin masyarakat dalam melaksanakan tugas dan program pembangunan harus berorientasi pada pengabdian", Pinta Sabirin kepada kepala desa yang baru saja dilantik. 

Di akhir sambutannya bupati menambahkan tugas yang cukup berat yang akan diemban kepala desa yang baru dilantik, mesti dibantu oleh segenap komponen masyarakat. sebab menurutnya bagaimanapun program yang akan dilaksanakan namun tidak didukung dengan partisipasi dari masyarakat maka program tersebut hambar dan beresiko gagal. (Y/c)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .