Ciptakan Laporan Keuangan Akuntabel, Pemkab Sinjai Gandeng BPKP

Selasa, 17 Desember 2013

Demi pembuatan laporan keuangan yang akuntabel sesuai prinsip good goverment dan clean governance, Pemerintah Kabupaten Sinjai bekerjasama dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Propinsi Sulawesi Selatan dalam bidang pengembangan manajemen pemerintah daerah, Senin (16/12) di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan langsung oleh Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya dengan kepala perwakilan BPKP provinsi Sulsel Hamonangan Simarmata yang disaksikan dan dihadiri oleh Wakil Bupati Sinjai, Wakil Ketua DPRD, Sekertaris Daerah, para Asisten, Kepala SKPD, Kabag, Camat dan Kepala Desa/Lurah Se-Kabupaten Sinjai.

Bupati Sinjai mengatakan Kerjasama ini dilakukan untuk perbaikan manajemen keuangan serta membantu seluruh SKPD khususnya dalam pelaporan keuangan dan aset daerah untuk mencapai opini laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Dengan kerjasama ini diharapkan dalam menyusun laporan keuangan semakin meningkat untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik," kataya.

Kepala perwakilan BPKP Sulsel, Hamonangan Simarmata yang memberikan materi sosialisasi
mengatakan yang terpenting bukanlah opini dari BPK. Namun bagaimana pelaksanaan dalam meningkatkan pelayanan bagi masyarakat menuju good government dan clean government.

Lebih lanjut Hamonangan Simarmata menyampaikan perlunya peran SKPD untuk secara keseluruhan menjaga akuntabilitas kinerja dan sistem pengendalian intern, ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan serta menindaklanjuti/memperbaiki hal yang menjadi temuan BPK.

“Untuk meraih WTP bukan dinilai dari kinerja bupati, wakil bupati maupun sekda, tapi yang menentukan adalah aparat di SKPD, oleh sebab itu diperlukan komitmen bersama oleh seluruh jajaran dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai," tegasnya. (aaNd)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .