Daftar Tunggu Haji Sinjai Bisa Sampai 15 Tahun

Senin, 16 Desember 2013

Jumlah daftar tunggu calon haji di Kabupaten Sinjai hingga pertengahan agustus mencapai tiga ribu orang lebih, sehingga butuh waktu 15 tahun agar bisa menunaikan ibadah haji.

"Jumlah daftar tunggu setiap tahunnya terus bertambah sementara kuota yang diberikan secara nasional oleh Kerajaan Arab Saudi tidak bertambah signifikan," kata Kepala Kemenag Sinjai, Drs.H. Mudarak Dahlan saat ditemui di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, jumlah kuota yang diterima Kabupaten Sinjai setelah pemotongan 20 persen yang lalu hanya sebanyak 185 orang. Pemotongan ini diberlakukan di seluruh dunia termasuk Indonesia oleh kerajaan Arab Saudi karenal perluasan Masjidil Haram

Ia mengatakan jika dikalkulasikan dengan jumlah kuota yang ada maka butuh waktu sekitar 14 hingga 15 tahun bagi warga Sinjai agar bisa melaksanakan rukun Islam ke lima tersebut.

"Minat masyarakat Sinjai untuk menunaikan ibadah haji setiap tahunnya cukup tinggi sehingga antrian daftar tunggu haji juga bertambah, buktinya hampir setiap hari kami terima warga yang mendaftar untuk naik ke Tanah Suci" katanya.

Pihaknya meyakini dengan adanya penambahan kuota haji yang diberikan secara nasional nantinya akan menjadi salah satu upaya memangkas antrean panjang daftar tunggu calon jamaah haji di Sinjai.

"Kami yakin dengan adanya penambahan kuota secara nasional nantinya oleh Kerajaan Arab Saudi pasca perluasan Masjidil Haram akan mampu memberikan kesempatan lebih besar bagi masyarakat untuk menunaikan ibadah haji," ujar Mudarak. (aaNd)

 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .