DPT Sinjai Berkurang Delapan Ribuan

Kamis, 05 Desember 2013

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum Legislatif 2014 di Kabupaten Sinjai mengalami penurunan sekitar delapan ribuan pada Pemilihan Legislatif 2014 mendatang.

Ha ini berdasarkan data verifikasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai beberapa bulan lalu jika dibandingkan hasil pemutakhiran data DPT Pemilihan Legislatif (Pileg) mendatang.

Anggota Komisioner Divisi data dan logistik Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sinjai Muh Kasim mengatakan bahwa telah terjadi penurunan yang sangat signifikan dibandingkan dengan DPT pada pemilukada lalu.

Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) jumlah DPT Sinjai sekitar 182 ribu lebih, sedang pada verifikasi untuk Pemilihan Legislatif 2014 mendatang sekitar 174 ribu lebih.

“Terjadi penurunan sekitar 8 ribuan DPT, jumlah tersebut 50 persen adalah Pemilih ganda, selebihnya diketahui meninggal dunia, pindah tempat, dan penyebebab lain,” ujarnya.

Kasim mengatakan terjadinya penurunan jumlah pemilih ini tak lain merupakan bagian dari penciptaan data pemilih yang mutakhir, komprehensif dan akurat dengan progres pelaksanaan Pemilu 2014 jauh lebih baik dari Pemilu sebelumnya.

“Kami ingin Pemilu 2014 yang berkualitas. Salah satu indikator penilaiannya adalah angka partisipasi pemilih yang akurat,” ucap Kasim.

Berdasarkan data verifikasi pertama KPUD Sinjai sekitar 619 jumlah Pemilih ganda di Sinjai dan pada verifikasi kedua sekitar 509 pemilih ganda di Sinjai. (aaNd)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .