"Operasi Zebra 2013", Polres Sinjai Jaring Puluhan Kendaraan

Senin, 02 Desember 2013

Sejak 28 November hingga 11 Desember 2013 atau selama 14 hari Kepolisian Negara Indonesia menggelar Operasi Zebra di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Sinjai.

Di Kota Sinjai ada beberapa titik lokasi pelaksanaan operasi zebra yanga dianggap rawan terjadinya pelanggaran lalu lintas.

Kasatlantas Polres Sinjai, AKP Akbar Usman yang ditemui disela-sela pelaksanaan Operasi Zebra 2013,mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah berhasil menjaring puluhan kendaraan.

Operasi Zebra ini merupakan operasi khusus yang digelar secara periodik yang bersifat represif. Jika polisi menemukan pelanggaran dalam berlalu lintas akan ditilang. Beda halnya dengan Operasi Simpatik yang mengedepankan cara bertindak preventif yang sifatnya lebih kepada teguran.

Untuk sasaran operasi ini, kata  Akbar, adalah semua kendaraan baik kendaraan pribadi maupun umum, mulai dari roda dua hingga roda empat atau lebih yang menitik beratkan pada beberapa hal seperti pengemudi di bawah umur, melawan arus, kendaraan tidak layak jalan, balap liar, angkutan umum yang tidak lengkap dan pelanggaran lainnya.

Dari pantauan Suara Bersatu di depan Pasar Sentral Sinjai, Jl. Persatuan Raya, sabtu (30/11), kendaraan yang terjaring adalah didominasi kendaraan bermotor yang tidak memiliki kaca spion dan pelanggaran akibat pengendara tidak memiliki kelengkapan surat.

Akbar Usman menambahkan, hal ini digelar guna menciptakan tertib berlalulintas dimasyarakat. Dan pihaknya menghimbau kepada pengendara yang belum memiliki dokumen lengkap dalam berkendara untuk segera melengkapi seluruhnya dan juga agar selalu mematuhi rambu-rambu lalulintas dalam berkendara. (aaNd)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .