Pemkab Sinjai Gelar Upacara Peringatan HGN dan HUT PGRI Ke 68

Selasa, 03 Desember 2013

Wakil Bupati Sinjai Andi Fajar Yanwar mengucapkan terima kasih dan apresiasi, tanggung jawab, serta segala ikhtiar yang telah dilakukan para guru. Ini dilakukan demi memajukan dunia pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Demikian disampaikan Wabup yang membacakan sambutan Mendikbud M. Nuh saat bertindak selaku pembina upacara pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT ke-68 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tahun 2013, di Halaman Kantor Bupati Lama, Selasa (3/12).

"Kita semua menyadari dan memahami tentang arti penting dan mulianya pendidikan, tetapi di balik itu kita juga menyadari bahwa tantangan dan persoalan yang kita hadapi semakin berat, rumit, dan kompleks, terutama dalam rangka mempersiapkan generasi 2045, yaitu 100 tahun Indonesia merdeka, dan kejayaan Indonesia," paparnya.

Lebih lanjut, Wabup mengatakan, jika dicermati struktur penduduk Indonesia pada 2010, terdapat 46 juta anak usia nol hingga sembilan tahun dan 44 juta anak usia 10 hingga 19 tahun.

"Jadi, sekarang ini kalau kita ingin mempersiapkan generasi 2045, tidak ada pilihan lain kecuali harus memperkuat layanan, baik akses maupun kualitas pendidikan kita, mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi," ucapnya.

Pada 2045, Wabup melanjutkan, generasi muda saat ini akan berusia 35-44 tahun dan 45-55 tahun. Mereka lah yang akan memimpin dan mengelola bangsa dan negara yang dicintai ini.

"Mereka harus kita bekali dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan zamannya. Mereka harus memiliki kemampuan berpikir tinggi, kreatif, inovatif, berkepribadian mulia, dan cinta Tanah Air, serta bangga menjadi orang Indonesia, sebagaimana yang digagas dalam kurikulum 2013," ungkapnya. (aaNd)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .