Pemkab Sinjai Sosialisasi Peraturan Perundangan-Undangan di Bidang Pertambangan dan Energi

Rabu, 04 Desember 2013

Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam hal ini Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral melakukan sosialisasi tentang Peraturan Perundangan-Undangan di Bidang Pertambangan dan Energi.

Kegiatan sosialisasi tersebut digelar di Ruang Pertemuan Warung Nikmat Sinjai, Selasa (03/12), dengan diikuti para pemegang IUP maupun para penambang yang ada sinjai.

Wakil Bupati Sinjai, H. A. Fajar Yanwar mengatakan usaha pertambangan adalah kegiatan dalam rangka pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi tahapan kegiatan penyelidikan umum, eksplorasi, study kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan serta pasca tambang.

"Dalam pengusahaannya harus mengikuti ketentuan yang berlaku yakni memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP)", Tambah Wakil Bupati saat membuka kegiatan tersebut.

Di Sinjai sendiri, lanjut dia, sektor usaha pertambangan menjadi salah satu penyumbang PAD serta memberikan kontribusi nyata pada pertumbuhan ekonomi di daerah ini karena sektor ini banyak menciptakan lapangan kerja dan juga pengentasan kemiskinan.

Untuk itu para pemegang IUP, para penambang agar usaha pertambangan yang dilakukan baik perorangan maupun perusahaan tidak hanya mengejar keuntungan namun tetap menjaga kondisi lingkungan hidup.

"Kemudian tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja serta mempertahankan stabilitas kemasyarakatan yang ada, sehingga harapan untuk mewujudkan pertambangan yang berwawasan lingkungan dapat dimulai dari Sinjai", Harap Wakil Bupati.

Kegiatan sosialisasi Peraturan Perundangan-undangan di bidang Pertambangan dan Energi yang dilaksanakan oleh Pemkab Sinjai juga di hadiri Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral SulSel. (clk)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .