Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional 2013

Rabu, 25 Desember 2013


Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya melakukan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional tahun 2013 Tingkat kabupaten Sinjai, yang dipusatkan di Pelabuhan Larea-rea, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (24/12).
Kegiatan tersebut turut di hadiri Wakil Bupati Sinjai, H. A. Fajar Yanwar, Kapolres Sinjai,  Agus Sumardi, Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan, Ir. Ramlan Amin, Camat Sinjai Utara, Yuhadi Samad serta beberapa pejabat lainnya. 
"Kegiatan ini merupakan salah satu agenda pemerintah untuk mensukseskan gerakan menanam 1 Milyar pohon dan Bulan Desember merupakan bulan menanam Nasional", Ungkap Ramlan saat menyampaikan laporannya. 
Lebih lanjut, untuk tingkat nasional kegiatan ini telah berlangsung di Bali sejak 25 November lalu, sedangkan tingkat Sulsel dilaksanakan pada 18 Desember kemarin. 
Dijelaskan bahwa sinjai sebagai salah satu kabupaten yang pernah meraih penghargaan Kalpataru, dimana penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi di bidang Lingkungan Hidup. 
"Penghargaan itu kita dapatkan melalui pengembangan tanaman mangrove. Bahkan sinjai telah menjadi tujuan penelitian untuk mangrove khususnya oleh Negara Jepang. Menurut penelitian, Mangrove merupakan tanaman yang paling baik menyerap karbon", Sambung Ramlan. 
Hal yang sama juga dikatakan Bupati, Menurutnya ini merupakan sebuah momentum strategis dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, kerusakan hutan/lahan dan lingkungan lainnya yang dapat mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.
"Selaku pemerintah daerah saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama bersatu dengan menanam pohon demi menjaga ekosistem untuk anak cucu kita di masa depan. Selain itu kami juga memberikan keleluasaan kepada pihak kehutanan untuk mengembangkan penanaman pohon ini. Karena pohon mangrove mempunyai banyak fungsi diantaranya mencegah abrasi dan penahan ombak," ujarnya.
Di Sinjai, Dinas Perkebunan dan Kehutanan telah melaksanakan penanaman 1,1 juta pohon dengan jenis tanaman berupa pinus, bayam dan eucalyptus. Hal ini lanjut Bupati merupakan prestasi yang luar biasa.
Sekitar 8.200 pohon mangrove yang ditanam dalam acara tanam pohon tersebut dengan target 300 ribu pohon mangrove sampai akhir tahun 2013. (Yanti/Nn/Clk)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .