Sekkab Sinjai - Perlunya Data Akurat Tentang Potensi Desa dan Kelurahan

Jumat, 20 Desember 2013

Sekkab Sinjai, H. Taiyeb A. Mapasere meminta kepada para kepala desa dan lurah agar memiliki data yang akurat tentang potensi desa dan kelurahan.

Hal itu disampaikan saat membuka Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2013 tentang Monografi Desa dan Kelurahan, Jumat (20/12) di Ruang Pola Kantor Bupati Tanassang.

Menurutnya, jika data tidak akurat maka akan berpengaruh terhadap bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat dan program-program pembangunan yang akan dijalankan di daerah ini.

"Saat ini kebutuhan data yang dimiliki oleh Pemerintah Desa dan kelurahan belum juga tersedia dengan baik, untuk itu kita harus segera memperbaikinya", terangnya. 

Taiyeb mencontohkan pada penyaluran BLSM dan Beras Raskin dimana data yang ada justru tidak sesuai dengan data yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai dengan pihak Badan Pusat Statistik (BPS). 

"Pemerintah pusat mengacu kepada data yang bersumber dari BPS, sementara data jumlah penduduk yang dimiliki oleh Pemkab dengan data dari BPS bahkan memiliki selisih mencapai 50 ribu lebih jiwa", jelasnya. 

Sementara data Pemkab sendiri bersumber dari desa dan kelurahan yang disesuaikan dengan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai.

Di akhir sambutannya, Taiyeb mengharapkan agar para Camat, Lurah, Sekretaris Lurah, Desa, Sekretaris Desa dan perwakilan dari SKPD dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik sehingga dapat mengetahui dan memahami Permendagri ini karena merupakan bagian dari perencanaan dan terkait dengan tugas-tugas yang diemban SKPD di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa.

Sosialisasi ini menghadirkan pemateri dari Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Dalam Negeri RI, Laode Burhama. (Y/c)

 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .