Sinjai Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Rabu, 11 Desember 2013

Kabupaten Sinjai telah mendapat penghargaan sebagai kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM  RI dalam rangkaian acara memperingati hari HAM sedunia 10 Desember 2013.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Hukum dan Ham Amir Syamsuddin,  kepada  Bupati Sinjai  yang diwakili oleh Sekda Sinjai H. Tayyeb A. Mappasere di Graha Pengayoman Kantor Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta, Selasa (10/12).

Amir menuturkan peringatan HAM tahun ini bertema ‘Peningkatan perlindungan dan pemenuhan HAM perempuan dan anak untuk meningkatkan ketahanan keluarga”.

Penilaian bertujuan memberikan motivasi kepada pemerintah daerah (pemda)/kabupaten kota untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM.

“Ini untuk mengukur hasil kinerja pemda/kabupaten kota dalam mewujudkan pemanfaatan perlindungan dan pemenuhan HAM,” katanya.

Indikator penilaian tersebut  berdasarkan peraturan Menteri Hukum dan HAM No.25 tahun 2013 yakni  meliputi hak hidup, hak mengembangkan diri, hak kesejahteraan, hak atas rasa aman, hak perempuan dan anak.

Selain itu, yang menjadi aspek penilaian adalah konsistensi dan keberlanjutan program Pro HAM baik yang telah dilaksanakan maupun yang segera akan diimplementasikan. (aaNd)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .