Siswi SMA 1 Sinjai Wakili Sulsel di Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional

Senin, 09 Desember 2013

Pelajar Sinjai kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Salah satu siswi SMA Negeri 1 Sinjai  atas nama  Nur Amalia berhasil lolos  ke tingkat nasional dalam seleksi Olimpiade Bahasa Jerman ‘National Deutsch Olympiade’ tahun 2013.

Agenda tahunan Olimpiade bahasa Jerman tingkat Sulsel tersebut, dilaksanakan tanggal 1 Desember lalu dipusatkan di Desa Uludaya, kecamatan Mallawa, Maros yang diikuti 42 sekolah.

Program tahunan Goethe-Institut Indonesien ini digelar oleh Ikatan Guru Bahasa Jerman (IGBJI) Cabang Bawakaraeng Sulawesi Selatan  bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jerman, serta didukung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan Bahasa dan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman.

Siswi kelas XI IA3 ini mampu bersaing ketat dengan seluruh perwakilan siswa SMA yang ada di Sulsel dan berhasil meraih di posisi kedua setelah hanya dikalahkan oleh rival beratnya dati SMAN 1 Bantimurung Maros.

Dra. Hj. Hasniar, Pembina dan guru Bahasa Jerman SMAN 1 Sinjai mengatakan bahwa lolosnya siswa SMAN 1 Sinjai ke tingkat nasional, tidak lepas atas kegigihan siswa dalam berlatih bahasa Jerman. “Saya sangat mengapresiasi siswwi ini atas kegigihannya berlatih dan terus belajar menggunakan bahasa Jerman,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMA 1 Sinjai menjelaskan bahwa lolosnya siswi SMAN 1 Sinjai  untuk berlaga di tingkat nasional dalam olimpiade bahasa Jerman yang akan di gelar Januari tahun 2014 mendatang, harus juga dicontoh oleh siswa-siswa lainnya. “Kami bangga, meski hanya juara 2, namun menurut saya itu sudah cukup luar biasa,” papar Juanda.

Nur Amalia bersama dengan siswa peraih juara pertama rencananya akan berangkat ke Jakarta untuk seleksi nasional yang digelar bulan Januari 2014 mendatang. 

Pemenang olimpiade nantinya akan mendapatkan beasiswa dari PAD (Dinas Pertukaran Pendidikan Jerman) untuk berkunjung ke negara Jerman. Selain itu, dua pemenang terbaik akan turut serta dalam Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Internasional 2014 di Jerman.(aaNd)

 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .