dr. Nikmah : Posyandu Jadi Sarana Multifungsi

Selasa, 07 Januari 2014

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang dikenal sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat di desa. Kini tidak hanya sekedar sebagai tempat menimbang anak melainkan menjadi sarana multifungsi di bidang lainnya. 

Hal ini dingkapkan oleh Asisten II Administrasi Perekonomian Pembangunan Setdakab Sinjai dr.Hj. Nikmah B. Situru beberapa waktu lalu dihadapan ratusan kader Posyandu.

Menurutnya, Posyandu saat ini tak sekedar melakukan kegiatan penimbangan bayi, pemberian imunisasi anak, pelayanan KB, pelayanan ibu hamil, dan pelayanan kesehatan lain, akan tetapi juga digunakan sebagai sarana pelayanan lainnya dalam rangka meningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan lain yang dapat dilaksanakan di Posyandu yakni, tempat sosialisasi membina keluarga sehat, sebagai pusat Informasi bagi warga yang ada di desa, sebagai tempat bersilaturahmi dan kegiatan lainnya.

Untuk itu pihaknya berharap agar posyandu yang ada di Sinjai tidak hanya membuka pelayanan satu kali dalam sebulan atau dua kali dalam sebulan saja. "Jika tidak ada kegiatan pelayanan kesehatan, Posyandu juga dijadikan sebagai tempat temu kader atau bertukar pikiran," jelas Asisten II.

Posyandu saat ini katanya harus digalakkan kembali, tidak hanya sekedar sebagai tempat pelayanan kesehatan, tetapi juga sebagai sarana multifungsi untuk kemaslahatan warga yang ada di desa. Saat ini jumlah posyandu yang ada di Sinjai sebanyak 320 buah yang tersebar di seluruh desa/kelurahan. (aaNd)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .