Cuaca Buruk, Sebagian Nelayan Tidak Melaut

Kamis, 09 Januari 2014

Sejak beberapa hari belakangan cuaca buruk dan gelombang tinggi disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah pantai di Sulawesi.

Akibatnya sejumlah nelayan di Sinjai enggan untuk melaut. mMereka memilih diam diri di rumah atau memperbaiki jaring perlengkapan untuk melaut. 

Kepala UPTD TPI Lappa, Muh. Yusuf mengatakan, beberapa pekan terakhir ini cuaca di perairan Sulawesi sangat buruk sehingga sebagian nelayan memilih untuk tidak melaut ini dampak dari musim utara tersebut membuat khawatir para nelayan lokal, Selain angin yang kencang juga ombak yang tinggi.

Menurutnya, kondisi ini akan terjadi beberapa pekan kedepan, sehingga mempengaruhi hasil tangkapan ikan para nelayan di TPI Lappa dan secara otomatis harga ikan juga akan mengalami kenaikan. 

"Biasanya kalau cuaca seperti ini, hanya sebagian nelayan yang keluar melaut, kalau ada yang melaut biasanya sedikit ikan yang ditangkap," katanya.

Dikatakannya, kapal-kapal nelayan yang saat ini beroperasi, selain dari nelayan Sinjai, juga ada yang berasal dari Gelesong Kabupaten Takalar dan nelayan dari Bone.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pihaknya menghimbau kepada para nelayan yang tetap memilih untuk melaut agar tetap waspada dengan cuaca yang tidak menentu.

 "Nelayan yang tetap memilih melaut kita himbau agar untuk sementara hanya beroperasi sampai di perairan Selayar," ungkapnya. (aaNd)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .