Tidak Terdaftar di DPT, Warga Boleh Gunakan KTP

Senin, 06 Januari 2014

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai memastikan para pemilih yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) bisa tetap ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi pemilu legislatif tahun ini. Keputusan tersebut mengacu pada keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 85 tahun 2013.

"Kami mengakomodir sesuai dengan keputusan MK 85/2013, pemilih yang tidak terdaftar dapat menggunakan KTP dan KK (Kartu Keluarga). Tak terdaftar di DPT pun bisa pakai KTP," jelas Anggota KPU Sinjai Divisi Perencanaan, Data, Keuangan dan Logistik, Muh. Kasim.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan beberapa waktu lalu, bukan tidak bisa berubah. Hanya saja mereka yang mendaftar setelah itu akan dimasukkan dalam daftar pemilih khusus.

Bagi warga masyarakat Kabupaten Sinjai yang belum terdaftar tetap bisa menggunakan hak pilih sebagai pemilih khusus. "Mereka bisa mendaftar ke KPU dan akan masuk ke Pemilih Khusus, atau sebelum pemungutan suara gunakan KTP untuk didaftar sebagai pemilih," katanya.

Lebih lanjut Kasim mengatakan, warga yang tidak tercantum dalam DPT akan diberi hak konstitusional dengan menunjukkan KTP. Akan tetapi, ia hanya boleh mencoblos pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) dimana sesuai dengan alamat KTP yang bersangkutan. (aaNd)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .