Selama 2013, KUA Sinjai Utara Terbitkan 350 Buku Nikah

Selasa, 04 Februari 2014

Kantor Urusan Agama (KUA) Sinjai Utara telah menerbitkan sebanyak 350 buku nikah selama tahun 2013. 

Dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah ini cenderung meningkat akibat pertambahan jumlah penduduk yang ada di Kecamatan Sinjai Utara.

Kepala KUA Sinjai Utara, Jamaluddin Umar menyatakan, semakin meningkatnya jumlah pasangan yang menikah juga disertai dengan tertib administrasi yang semakin ketat. 

Seperti keinginan untuk mengikuti kursus calon pengantin (catin) sebagai salah satu syarat terbitnya buku nikah. Hal ini dibuktikan dengan ramainya warga/catin yang selalu memadati Kantor KUA Sinjai Utara untuk mengikuti kursus catin.

Meningkatnya jumlah pernikahan di KUA Sinjai juga terjadi karena adanya momentum yang dinilai masyarakat sangat bagus untuk melangsungkan pernikahan. 

"Tahun 2013 jumlah pasangan yang menikah 350 oranng, jumlah ini meningkat dibanding tahun 2012 yang berjumlah 337 pasangan," jelasnya, saat ditemui, Selasa (4/2) di ruang kerjanya.

Jamaluddin menambahkan bahwa rata-rata peristiwa nikah perbulan di tahun 2013 adalah 29 orang. " Jadi boleh dibilang hampir tiap hari ada yang menikah di Kecamatan Sinjai Utara jika dirata-ratakan," katanya.

Sementara yang tercatat pada Data Nikah, talak, Cerai dan Rujuk (NTCR) Tahun 2013 di KUA Sinjai Utara adalah untuk kasus talak sebanyak 13 kasus, cerai 31 kasus dan rujuk hanya 1 kasus.

Tidak hanya mengurusi pernikahan semata, KUA juga memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab lain. Diantaranya melakukan pembinaan bagi pengurus beberapa rumah ibadah, pembinaan umat beragama dan meningkatkan kerukunan umat beragama. (aaNd)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .