Tahun 2014, Target PAD TPI Lappa 600 Juta Rupiah

Selasa, 11 Februari 2014

Pemerintah Kabupaten Sinjai, menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi hasil tangkapan ikan di Kompleks Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa tahun 2014 sebesar Rp 600 juta, atau naik dibanding target 2013 yang ditetapkan sebesar Rp 560 juta.

"Tahun ini target PAD yang dibebankan kepada kami naik dari Rp 560 juta menjadi Rp 600 juta, dan kami optimistis bisa merealisasikannya,' kata Kepala UPTD TPI Lappa Muh. Yusuf, saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurut dia, berbagai usaha yang dilakukan untuk meningkatkan PAD, salah satunya dengan memperketat pencatatan setiap penjualan hasil tangkapan nelayan. 

"Jumlah personil kami sebanyak 37 orang yang dibagi dalam beberapa kelompok/shift, dan inilah yang melakukan pencatatan setiap hari," katanya.

Yusuf menambahkan, kendala yang dihadapi selama ini yakni pada saat musim dimana nelayan tidak bisa melaut, yang akan mempengaruhi pendapatan. Seperti pada saat ini, ombak sangat tinggi membuat para nelayan tidak bisa melaut.

"Hal ini tentu berpengaruh pada pendapatan nelayan dan juga pada retribusi yang dibayar. Musim seperti ini, biasanya berlangsung selama dua hingga tiga bulan," ujarnya. 

Terkait realisasi PAD 2013, menurut dia, telah tercapai Rp 560,5 juta atau 100,89 persen dari target yang ditetapkan Rp 560 juta. (aaNd)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .